Gambar Pernapasan Ikan Beserta Bagian – Bagiannya : Pengertian, Bagian, Bentuk, Fungsi dan Cara Kerja

0
Gambar Pernapasan Ikan Beserta Bagian – Bagiannya - Ciri khas alat pernapasan bagi hewan-hewan vertebrata yang hidup di air adalah insang. Insang pada ikan terletak pada ruang insang di sisi kanan dan kiri kepalanya. Pada ikan bertulang sejati, insangnya dilindungi dengan tutup insang (operkulum). Ikan mengambil oksigen yang terlarut di dalam air dengan cara mengalirkan air melalui celah-celah insang. Pada celah insang terdapat banyak pembuluh darah kapiler. Arah aliran darah pada insang berlawanan dengan arah aliran air yang melewati insang. Aliran air yang melalui insang berlangsung secara tetap dan terus-menerus. Aliran air disebabkan adanya tekanan dari rongga mulut dan daya isap insang.
Bagian Bagian Pernapasan Ikan
  • Insang pada ikan tersusun dari beberapa bagian:
  • Lengkung insang berupa tulang rawan
  • Rigi-rigi insang berada di depan lengkung insang, tersusun oleh tulang dan berfungsi untuk menyaring air
  • Lembaran insang yang terletak di belakang lengkung insang, berwarna merah, berbentuk seperti sisir, dan di dalamnya banyak mengandung arteri insang.
Mekanisme pernapasan ikan yang memiliki tutup insang adalah:
  • Fase inspirasi (menarik napas), air dimasukkan ke dalam rongga mulut. Rongga mulut pun akan membesar akibat adanya gerakan ke samping tutup insang.
  • Fase ekspirasi (membuang napas), setelah ait masuk ke rongga mulut, celah mulut tertutup. Tutup insang akan kembali ke posisinya semula, yang diikuti gerakan selaput ke samping sehingga celah insang terbuka. Terbukanya celah insang menyebabkan air keluar.
Gambar Pernapasan Ikan


Adanya katup pengatur mulut dan operkulum menyebabkan aliran air hanya satu arah. Kegiatan hidup ikan ini dapat kamu amati dengan cara memperhatikan gerakan membuka dan menutupnya mulut ikan ketika berenang di dalam air. Sepintas tampak seolah-olah ikan sedang minum air, tetapi sebenarnya pada saat itu ikan sedang melakukan pernapasan, yakni dengan cara melewatkan air melalui celah insang. Pada saat air melewati insang, darah akan melepaskan karbon dioksida dan mengikat oksigen yang terlarut di dalam air melalui celah insang tadi.
Pada beberapa jenis ikan tertentu yang hidup di air keruh (lumpur), misalnya gurami, betok, gabus, dan lele memiliki alat bantu pernapasan yang disebut labirin. Labirin ini merupakan perluasan insang, terletak di atas insang. Dengan adanya labirin memungkinkan jenis-jenis ikan tersebut dapat bertahan hidup di tempat yang kekurangan oksigen. Labirin berguna sebagai tempat menyimpan cadangan udara.

  • Baca Juga: Gambar Lidah Beserta Bagian-Bagiannya


Bagian-Bagian Insang
Terdapat beberapa bagian yang umumnya menyusun insang ikan, diantaranya yaitu:
Lengkung insang tersusun dari tulang rawan
Rigi-rigi insang yang letaknya di depan lengkung insang. Rigi insang ini tersusun oleh beberapa tulang dan berfungsi untuk menyaring air.
Susunan yang ketiga yaitu lembaran insang yang terletak dibelakang bagian lengkung insang. Lembaran ini umumnya berwarna merah dikarenakan mengandung pembuluh darah. Pada setiap lembaran insang memiliki filament dan setiap filamennya terdiri dari banyak lebaran tipis atau disebut lamella.
Bentuk Insang
Pada umumnya terdapat dua macam bentuk insang pada ikan yang disesuaikan dengan jenisnya:
Insang dengan operculum atau tutup insang. Insang jenis ini umumnya ditemui pada ikan bertulang sejati (Osteichthyes) misalnya seperti gurame, bandeng dan lain sebagainya. Operculum itu sendiri terdiri dari beberapa bagian yaitu Opercle, interopercle, preopercle dan subopercle. Dalam menjaga air dan oksigen agar tidak keluar kembali pada saat proses respirasi serta untuk menjaga tekanan air diperankan oleh bagian posterior operculum.
Insang tanpa tutup atau operculum. Insang jenis ini umumnya dimiliki oleh ikan bertulang rawan atau condrichthyes seperti hiu dan juga pari. Pada jenis insang ini terdapat suatu struktur khusus yang biasa disebut dengan septum interbranchiale. Septum ini merupakan jaringan ikat dan otot yang terletak diantara tiap lembaran insang.


  • Baca Juga: Gigi Rumus Gigi Dan Bagian-Bagiannya

    • Fungsi Insang
      Umumnya insang berperan langsung dalam proses respirasi sebagai alat pertukaran oksigen dan karbondioksida. Namun, perlu anda ketahui bahwa selain sebagai fungsi sebagai alat pertukaran insang juga memiliki beberapa fungsi diantaranya:
      Berperan dalam mengatur keseimabangan asam basa
      Mengatur regulasi ion
      Eksresi nitrogen
      Menyaring makanan
      Ketika air tercemari oleh polutan lingkungan seperti ammonia, logam berat, nitrit, pestisida, atau zat berbahaya lainnya akan mengganggu proses pernapasan pada ikan. Bahkan ada juga yang mengakibatkan tubuh ikan teracuni yang kemudian ikan tersebut dikonsumsi oleh manusia. Selain itu insang pada ikan juga dapat terkontaminasi oleh bakteri yang dapat merugikan manusia.
      Cara Kerja Insang
      Selain System Penapasan Pada Ikan Dan Penjelasannyaberikut ini cara kerja insang yang perlu diketahui:
      Proses pernapasan pada ikan di awali dengan membukanya mulut ikan yang kemudian tertutupnya operculum. Air yang kaya akan oksigen akan terdorong ke dalam mulut ikan dan masuk melalui insang.
      Molekul-molekul oksigen akan ditangkap oleh haemoglobin pada jaringan pembuluh darah dalam insang kemudian diedarkan ke seluruh tubuh ikan.
      Karbondioksida dan buangan dari hasil respirasi lainnya juga akan dilepaskan melalui insang.
      Selanjutnya ikan akan menutup mulutnya dan membuka tutup insang kemudian air akan mengalir melalui insang.

      Alat Bantu Pernapasan Pada Ikan
      Terdapat beberapa ikan yang mempunyai alat bantu pernapasan, yaitu sebagai berikut:
      1. Labirin
      Labirin merupakan salah satu jenis alat bantu pernapasan pada ikan yang mana tidak dimiliki oleh semua ikan. Labirin dapat diartikan sebagai perluasan insang pada bagian atas yang memiliki bentuk lipatan serta membentuk rongga yang tidak beraturan. Contoh ikan yang memiliki labirin, yaitu ikan lele dan ikan gabus.
      2. Arborescene
      Arborescene merupakan struktur tambahan yang terdapat pada ikan lele, gurame atau ikan nila yang memiliki warna merah dengan bentuk seperti bunga karang. Struktur ini dapat membantu ikan untuk bernapas pada lingkungan yang memiliki kadar oksigen rendah.
      3. Diverticula
      Struktur tambahan ini dimiliki oleh ikan yang hidup di daerah tropis yaitu ikan gabus (Channa striata) yang umumnya terletak pada daerah pharynx.
      Beberapa jenis ikan mempunyai alat bantu pernapasan yang disebut dengan gelembung renang kecuali ikan hiu, dan ikan yang hidup di arus deras.